MESIN CERDAS DENGAN KECERDASAN BUATAN

MESIN CERDAS DENGAN KECERDASAN BUATAN

Mesin adalah alat mekanik atau elektrik yang mengirim atau mengubah energi untuk melakukan atau alat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Perkembangan teknologi dan mesin saat ini sangat meningkat pesat, ditandai dengan banyaknya teknologi dan mesin yang sudah menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelegent, AI). Setiap manusia yang cerdas selalu ingin teknologi semakin maju. Mereka bersaing untuk membuat ataupun menciptakan teknologi dan mesin yang lebih canggih. Hal tersebut memacu para ilmuan membuat teknologi dan mesin menggunakan kecerdasan buatan. 

Sekalipun mesin memiliki kecerdasan buatan, mesin tidak akan mampu lebih cerdas dari manusia dikarenakan dalam pembuatan mesin dibutuhkan kecerdasan dari si manusia pembuat mesin itu sendiri. Otak manusia lebih cerdas dari pada computer, kecerdasan mesin dibuat semata mata untuk membantu manusia dalam beraktivitas sehari hari dikarenakan manusia mempunyai rasa lelah.
Para ilmuwan di dunia ini saling bersaing untuk menciptakan teknologi baru. Mereka juga dapat membuat mesin atau sistem baru menjadi lebih cerdas dibandingkan mesin atau sistem sebelumnya, tentunya dengan menggunakan kecerdasan buatan. Saat ini banyak mesin maupun sistem yang sudah lebih cerdas yang dikembangkan dengan Artificial Intelegent. Contohnya adalah sistem virtual assistant seperti Google Asisstant dan Siri dan mesin seperti smart TV, smart watch, dsb. Dimana mesin mesin tersebut sangat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Mesin diciptakan untuk menjadi cerdas sehingga mesin dapat membantu segala aktivitas manusia, kecerdasan mesin bukan berarti menggantikan manusia, namun sebagai sarana untuk mengambil keputusan dalam kedepannya. Contoh mesin cerdas adalah pintu otomatis, jika ada orang yang ingin melewati pintu otomatis tersebut, makan pintu tersebut akan terbuka dengan sendirinya.

  Walaupun saat ini mesin dan sistem sudah banyak menggunakan kecerdasan buatan, namun pada kenyataannya semua mesin dan sistem tersebut masih dibawah kontrol manusia. Hal tersebut dikarenakan mesin/sistem tersebut dijalankan dan dirancang oleh manusia, mereka juga diberi kecerdasan oleh manusia itu sendiri. Jika mesin bekerja diluar kontrol manusia, mungkin mesin tersebut akan merugikan atau mengancam manusia itu sendiri.

Karena secerdas apapun mesin, dan seotomatisnya apapun mesin, kita memilki kontrol atau kendali pada mesin jika sewaktu waktu mesin otomatis tersebut terdapat suatu kendala atau error, contohnya adalah mesin tiket KRL, lampu otomatis, lemari es, mesin cuci, dan lain lain.

Referensi :

Tidak ada komentar